makalah pengaruh perkembangan teknologi terhadap remaja
Tugas Softskill
Pengaruh Perkembangan Teknologi
Terhadap Perilaku Remaja
Harun
Alrasyid Anwar
52417690
Dosen
: Emilianshah Banowo, S.SOS., MM
Prorgam
Studi Teknik Informatika
Fakultas
Teknologi Industri
Universitas
Gunadarma
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmatNya penulis dapat menyelesaikan
tugas pengaruh perkembangan teknologi terhadap perilaku remaja.
Dalam
penyusunan tugas ini penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan
kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa penulis tidak luput dari
kesalahan dan kekhilafan baik dari segi teknik penulisan maupun tata
bahasa.Tetapi walaupun demikian penulis berusaha sebisa mungkin menyelesaikan
tugas ini meskipun tersusun sangat sederhana.
Untuk
itu pertama-tama penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Yang Maha Kuasa,
karna tanpa pertolongan dari-Nya sang penulis tidak bisa apa-apa. Juga kepada Emilianshah
Banowo, S.SOS., MM. Semoga ilmu yang
telah kami dapatkan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan di dunia juga
dapat menjadi pengantar keselamatan di akhirat. Aamiin.
Dengan
demikian semoga tugas ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada
umumnya serta dapat meningkatkan pengetahuan pengaruh perkembangan teknologi
terhadap perilaku remaja. Saran serta kritik sangatlah berguna untuk membangun
dan menyempurnakan makalah ini. Terima Kasih.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...........................................................................................
DAFTAR ISI.........................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah......................................................................
B.
Perumusan Masalah.............................................................................
C.
Tujuan Penelitian.................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Teknologi dan Kemiskinan ...............................................
B. Hubungan Teknologi dan Kemiskinan ...............................................
C. Mengatasi Masyarakat agar tidak Miskin...........................................
D. Kasus Teknologi dan Kemiskinan ......................................................
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan..........................................................................................
B.
Saran......................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I Pendahuluan
A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi di Era sekarang ini sangat pesat. Berbagai
kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan sangat mudah. Seiring dengan
perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi antar manusia
dapat dilakukan dengan berbagai alat sarana, salah satunya alat komunikasi yang
banyak digunakan saat ini adalah internet, handphone, twitter, facebook, dan
kompasiana.
Memang sangat bagus bagi para remaja, karna bisa menambah wawasan,di
internet, kita dapat dengan sangat mudah menemukan seluruh informasi yang
sangat penting diketahui oleh para pembaca. Inilah yang menyajikan kepada kita
semua kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang memungkinkan
tersebarnya seluruh informasi dalam kualitas yang hamper sempurna dalam waktu
yang sangat cepat.
kehidupan remaja tentu
tidak sama seperti kehidupan remaja zaman dahulu. Saat ini banyak fasilitas
atau hal hal tertentu yang membuatpara remaja merasa dimudahkan dan nyaman,
namun tidak sedikit pula yang merugikan kehidupan mereka. Adanya teknologi
modern seperti internet,ponsel,televise atau fasilitas game, bias berdampak dua
macam bagi kehidupan remaja yaitu positif dan negative.
B.
Rumusan
Masalah
1. Pengertian dari Remaja ?
2. Dampak Positif dan Negatif
perkembangan IT terhadap perilaku remaja ?
3. Bagaimana cara mengatasi dampak
negatif tersebut ?
4. Manfaat Teknologi bagi Remaja ?
C.
Tujuan
Penulisan
1. Untuk mengetahui apa itu remaja.
2. Untuk mengetahui dampak dampak
positif dan negatif teknologi terhadap perilaku remaja.
3. untuk mengetahui cara mengatasi
dampak negatif teknologi.
4. untuk mengetahui manfaat teknologi
bagi remaja.
BAB II Pembahasan
A. Pengertian remaja
Remaja adalah waktu manusia
berumur belasan tahun.
Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa
tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak.
Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa.
Remaja merupakan masa peralihan
antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 11 tahun sampai 21
tahun.
Menurut psikologi,
remaja adalah suatu periode transisi dari masa awal anak anak hingga masa awal
dewasa, yang dimasuki pada usia kira kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada
usia 18 tahun hingga 22 tahun. Masa remaja bermula pada perubahan
fisik yang cepat, pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis, perubahan
bentuk tubuh, dan perkembangan karakteristik seksual seperti pembesaran buah
dada, perkembangan pinggang dan kumis, dan dalamnya suara. Pada perkembangan
ini, pencapaian kemandirian dan identitas sangat menonjol (pemikiran semakin
logis, abstrak, dan idealistis) dan semakin banyak menghabiskan waktu di luar
keluarga.
Dilihat dari bahasa inggris
"teenager", remaja artinya yakni manusia berusia belasan tahun.Dimana
usia tersebut merupakan perkembangan untuk menjadi dewasa. Oleh sebab itu orang tua
dan pendidik sebagai bagian masyarakat yang lebih berpengalaman memiliki peranan penting
dalam membantu perkembangan remaja menuju kedewasaan. Remaja juga
berasal dari kata latin "adolensence" yang berarti tumbuh atau tumbuh
menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang
mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik (Hurlock, 1992). Remaja memiliki tempat di antara anak-anak
dan orang tua karena sudah tidak termasuk golongan anak tetapi belum juga
berada dalam golongan dewasa atau tua. Seperti yang dikemukakan oleh Calon
(dalam Monks, dkk 1994) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi
atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi
memiliki status anak. Menurut Sri Rumini & Siti Sundari (2004: 53) masa
remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami
perkembangan semua aspek / fungsi untuk memasuki masa dewasa.Masa remaja
berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita
dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria. Sedangkan menurut
Zakiah Darajat (1990: 23) remaja adalah: Masa peralihan di antara masa
kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa
perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah
anak-anak baik bentuk badan ataupun cara berfikir atau bertindak, tetapi bukan
pula orang dewasa yang telah matang. Hal senada diungkapkan oleh Santrock
(2003: 26) bahwa remaja (adolescene) diartikan sebagai masa perkembangan
transisi antara masa anak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis,
kognitif, dan sosial-emosional. Batasan usia remaja yang umum digunakan oleh
para ahli adalah antara 12 hingga 21 tahun.
Rentang waktu usia remaja ini biasanya dibedakan
atas tiga, yaitu :
- Masa remaja awal, 12 - 15 tahun
- Masa remaja pertengahan, 15 – 18 tahun
- Masa remaja akhir, 18 – 21 tahun
Tetapi Monks, Knoers, dan
Haditono membedakan masa remaja menjadi empat bagian, yaitu masa pra-remaja 10
– 12 tahun, masa remaja awal 12 – 15 tahun, masa remaja pertengahan 15 – 18
tahun, dan masa remaja akhir 18 – 21 tahun (Deswita, 2006:192) Definisi yang
dipaparkan oleh Sri Rumini & Siti Sundari, Zakiah Darajat, dan Santrock
tersebut menggambarkan bahwa masa remaja adalah masa peralihan dari masa
anak-anak dengan masa dewasa dengan rentang usia antara 12-22 tahun, dimana
pada masa tersebut terjadi proses pematangan baik itu pematangan fisik, maupun
psikologis.
B. Dampak positif dan negatif teknologi
terhadap perilaku remaja
Dampak positif dari perkembangan teknologi bagi remaja
:
1. Dengan adanya internet para remaja dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Dengan adanya internet sebagai media pertukaran
data, dengan menggunakan email para remaja dapat saling bertukar informasi
dengan cepat dan murah.
3. Mempermudah proses pembelajaran bagi para remaja
khususnya dibidang pendidikan.
4. Mempermudah komunikasi untuk menyambung silaturrahmi
antar remaja satu dengan lainnya.
5. Memudahkan para remaja untuk bertransaksi dan
berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga
tidak perlu pergi ke tempat penawaran atau penjualan.
6. Para remaja tidak gagap teknologi, remaja dapat
mengikuti perkembangan Era Teknologisasi Dunia sehingga para remaja lebih
produktif.
Dampak negative dari perkembangan teknologi bagi
remaja:
1. Para remaja akan sering mengunjungi situs-situs yang
berbau pornografi.
2. Dengan adanya internet, akan dijadikan ajang
perjudian online dikalangan remaja.
3. Terjadinya banyak penipuan dikalangan remaja
khususnya dibidang transaksi jual beli online.
4. Akan menimbulkan banyaknya kejahatan yang terjadi
seperti penculikan, pemerkosan dll.
C. Cara mengatasi dampak negatif
teknologi
1. Masyarakat
harus diberikan pemahaman tentang cara menggunakan teknologi informasi dengan
baik dan tidak melanggar etika. Sehingga teknologi informasi dapat dimanfaatkan
dengan semestinya.
2. Pemerintah
harus membuat suatu peraturan yang tegas terhadap setiap pelanggaran penggunaa
teknologi informasi yang merugikan orang lain dan negara.
3. Masyarakat
juga harus di beri bimbingan untuk menggunakan teknologi yang di kuasai untuk menjalin
hubungan yang lebih intens dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah
di kenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di
Facebook, twitter , atau social media yang lain karena kecenderungan yang
terjadi, mereka yang hanya anda kenal didunia maya tidak akan memberikan nilai
persahabatan yang saling mensupport antara satu dan yang lain didunia nyata.
4. Blokir
situs-situs dan halaman web yang tidah edukatif serta menimbulkan dampak buruk
bagi diri sendiri dan banyak orang.
5. Atur waktu
dan jadwal kegiatan menggunakan teknologi informasi. Agar tidak berlebihan
dalam penggunaanya.
6. Memperkuat
nilai-nilai agama yang utamanya ditanamkan pada anak-anak dibawah umur.
7. Peran
Pemerintah sebagai pengendali sistem informasi harusnya lebih jeli untuk
menyaring terhadap apa yang masyarakat akses di dunia maya.
8. Bimbingan
orang tua terhadap anaknya juga penting untuk mengendalikan serta menyaring apa
saja yang anaknya akses didunia maya sehingga tidak melanggar nilai-nilai
agama.
D. Manfaat Teknologi bagi Remaja di
bidang Pendidikan
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dijadikan alat dalam mendukung pengembangan pengetahuan bagi para siswa.
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dapat mewakili gagasan pelajar bagi pemahaman dan kepercayaan
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan merupakan salah satu sarana informasi yang sangat mendukung dalam proses belajar siswa serta dalam hal pencarian dan pengidentifikasian informasi yang diperlukan siswa.
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dapat dijadikan sebagai perbandingan kepercayaan, perspektif, dan pandangan terhadap dunia.
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan sangat bermanfaat sebagai media sosial yang dipergunakan untuk mendukung proses berbicara bagi siswa yang terkadang enggan berbicara didepan umum.
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dipergunakan siswa untuk berkolaborasi dengan siswa ataupun orang lain.
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dipergunakan untuk berdiskusi, penyampaian pendapat serta membangun konsensus antar anggota.
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dapat dipergunakan sebagai mitra intelektual dalam perannya untuk mendukung para pelajar.
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dapat membantu pelajar dalam mengartikulasikan dan memprentasikan ilmu apa yang mereka ketahui tentang sesuatu hal.
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dijadikan alat dalam meningkatkan mutu pendidikan dan sekolah yang menerapkannya.
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dapat membantu meningkatkan efektifitas serta efisiensi proses belajar dan mengajar (siswa dan guru).
- Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dipergunakan untuk mempermudah pelajar dalam mencapai tujuan pendidikan.
BAB III Penutup
A.
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa
pada zaman dahulu berkomunikasi sangat sulit, berbeda dengan zaman sekarang
ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir
semua orang sekarang dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Sesuai dengan
perkembangan zaman teknologi komunikasi semakin berkembang dan terus
berkembang. Dengan adanya perkembangan yang semakin canggih kita dapat mudah
terhubung dengan daerah – daerah lain dengan cepat dan mudah.
Dan teknologi itu sama
dengan sebuah pisau yang bisa membawa manusia ke dua arah yang berbeda, yang
pertama bisa membawa manusia ke jalan yang baik dengan segala kecanggihan yang
dimiliki membuat manusia mendapat kemudahan di segala bidang (dampak positif)
sedangkan yang kedua bisa membawa manusia ke dalamkesengsaraan yang disebabkan
oleh penyalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri sendiri (dampak negatif)
oleh karena itu kemajuan teknologi itu bisa berdampak positif dan dapat pula
berdampak negatif, tergantung ke arah mana kita menjalankannya.
Perkembangan teknologi informasi Indonesia sangat
dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen
teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer;
sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan sistem telekomunikasi yang akan
digunakan untuk mentransfer data.
Kebutuhan akan
tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini bisa
terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang
teknologi informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang
teknologi informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk
Indonesia. Keberadaan bisnis yang tersebar di banyak tempat dengan berbagai
ragam perangkat keras dan lunak mulai menyadari tentang betapa pentingnya untuk
mempercayakan dukungan bagi keberhasilan pengolahan data komputernya kepada
satu sumber yang dapat dipercaya.
3.2 Saran
1.
Pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan baik di sekolah atau perguruan
tinggi menjadi hal mutlak mengingat kondisi permasalahan yang makin kompleks.
Pendidikan berbasis TIK hanya akan berhasil apabila dikelola dan ditangani dengan
terencana, sistematis, dan terintegrasi.
2.
Perencanaan dalam
pemanfaatan TIK dalam pendidikan yang integratif meliputi kebijakan,
standarisasi mutu, infrastruktur jaringan dan konten, kesiapan dan kultur SDM
pendidikan menjadi penting untuk ditata dan dikelola dengan efektif dan
efisien.
3.
Penyelenggaraan pendidikan
berbasis TIK melalui pendidikan terbuka dan jarak jauh (e-Learning),
membutuhkan dukungan dari semua pihak khususnya, pemerintah, swasta serta
masyarakat untuk mengalokasikan anggaran dan investasi pendidikan yang memadai.
Daftar Pustaka
adanya makalah tentang pengaruh teknologi inaformasi ini sangat membantu saya dan bermanfaat ,terima kasih ,
BalasHapuskunjungi juga website kami di http://www.atmaluhur.ac.id ,
thanks ..
Terima kasih banyak y materinya..
BalasHapusTerimakasih atas artikel nya kak, sangat membantu saya dalam memahami materi yang dipelajari di kampus saya. Saya Nadiatul Faizah dari kampus ISB Atma Luhur
BalasHapusKeep your great work!